Spanyol Awal Penyebaran Islam di Eropa (Bagian-1)

Masjid Kordova dibangun sangat megah dan menjadi pusat ibadah di Eropa saat itu.

Negeri Eropa merupakan tanah paling subur dalam perkembangan Kristiani. Katedral-katedral berdiri megah di pelosok benua kulit putih tersebut.

Namun, sebenarnya Islam pernah menorehkan peradaban di sana. Pemerintahan Muslim pernah memajukan benua biru tersebut.

Penyebaran Islam ke Eropa dimulai dari Semenanjung Iberia, atau disebut juga Andalusia. Kawasan tersebut saat ini merupakan wilayah Spanyol dan sekitarnya.

Banyak peradaban Islam yang dibangun di Spanyol. Namun, sayangnya saat ini hanya sedikit situs-situs Islam yang masih dapat disaksikan. Padahal, Islam cukup lama menguasai wilayah Eropa selatan tersebut.

Philip K Hitti dalam History of The Arabs mengatakan, ekspansi pasukan Muslim ke Semenanjung Iberia merupakan serangan terakhir dan paling dramatis dari seluruh operasi militer penting yang dijalankan oleh orang-orang Arab.

Serangan ke gerbang barat daya Eropa itu menandai puncak ekspansi Muslim ke wilayah Afrika-Eropa, seperti halnya penaklukan Turkistan yang menandai titik terjauh ekspansi ke kawasan Mesir-Asia.

"Dari sisi kecepatan operasi dan kadar keberhasilannya, ekspedisi ke Spanyol memiliki kedudukan yang unik dalam sejarah militer abad pertengahan," ujarnya.

Pembukaan Eropa berawal pada 711 semasa kepemimpinan Dinasti Umayyah. Seorang sahabat Rasul, Thariq bin Ziyad, yang memimpin pasukan Muslim  dan berhasil membuka Eropa.

Dia diutus ke sana oleh Musa Bin Nushair, seorang gubernur Afrika Utara. Bersama  tujuh ribu pasukan, Thariq 
berangkat dari Afrika Utara menuju sebuah kawasan dekat gunung yang kemudian dinamakan Jabal (Gunung) Thariq.

0 Response to "Spanyol Awal Penyebaran Islam di Eropa (Bagian-1)"

Post a Comment